Selasa, 01 Desember 2020

Review Buku Lost Islamic History

📚 Judul: Lost Islamic History
🖋️ Penulis: Firas Alkhateeb
⌨️ Penerjemah: Nadya Andwiani
🖨️ Penerbit: Zahira
📆 Tahun Terbit: 2016
📕 Tebal: 321 hal. +
🧕 Riviewer: Fathimah Bilqis


🌟✨🌟✨🌟✨🌟✨🌟✨

Tidak akan ada Masa Kini kalau tidak ada Kemarin. Dan Hari Esok dan Masa Yang Akan Datang, bila tidak ada Hari ini dan Hari Kemarin. Masa Yang Akan Datang sebenarnya sebagai Masa Lalu yang belum terlalui. Masa Lalu akar dari Masa Yang Akan Datang. Penulis Bestseller Api Sejarah 1 dan 2. Kata pengantar yang membuka mata pembaca betapa pentingnya Masa Lalu (Sejarah).


Lost Islamic History, Merebut Kembali Kejayaan Peradaban Islam. Dari awal mula kemunculannya di Jazirah Arab (saat Nabi muhammad saw. pertama kali menyebarkannya hingga membangun sebuah kekuatan politik kenegaraan di Madinah) sampai runtuhnya institusi politik Islam di Turki.

Sebuah buku mengenai peradaban Islam yang membentang dari Eropa ke Nusantara. Siapa yang tahu peradaban Islam ternyata pernah besar di beberapa wilayah?! Eropa yang saat ini dengan Muslim sebagai minoritas, pernah membesarkan Spanyol dengan Ilmu Pengetahuan dan Perradaban yang gemilang pada masanya. Di bagian Barat Afrika yang kita kenal saat ini kumuh ternyata pernah besar akan ilmu pengetahuan. Bahkan sampai India pun ternyata pernah besar dengan peradaban Islam.


Penulis yang juga seorang Peneliti dan Sejarawan Universitas Illinois di Chicago merunutkan bagaimana kegemilangan-kegemilangan Peradaban Islam yang pernah terjadi selama 13 abad lamanya. Sebuah peradaban besar yang tidak hanya kuat dari sisi militer, pun dari sisi ekonomi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologinya. 

Diulas pula mengenai bagaimana menjadikan peradaban Islam bangkit dan hancur. Diakhiri dengan sebuah pertanyaan _"Akankah Islam sekali lagi akan memainkan peran utama?_" kemudian _"Mereka yang menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menentukan era baru bagi dunia Islam; era yang pastinya tidak bisa dilepaskan dari 1400 tahun sejarah Islam yang hadir sebelumnya._"

Buku ini saya rekomendasikan bagi teman-teman yang ingin mengetahui mengenai peradaban Islam yang gemilang, yang pada gilirannya bisa menjadi motivasi sebagai pemain dalam meraih peradaban Islam selanjutnya. Insya allah, _soon_.

🌟✨🌟✨🌟✨🌟✨🌟✨

Review Buku Komunitas Carengru Batch 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar