Kamis, 05 Januari 2017

HARI KEENAM - HIDUNG PESEK

HARI KEENAM
.
Tadi pagi mama ngajak pulang kampung, untuk ngecek rumah di rancaekek sana. Tapi di ultimatum jangan pake cadar sebelum keluar gerbang, bahkan bilang "sudahlah kalau pergi bareng mama jgn dulu pake cadar, entar aja kalau pergi sendiri atau ke kantor". Tapi saya orangnya keukeuh. Cadar siap di tangan. Dan memang rasanya beda, kalau udah deket jalan raya tapi belum pasang rasanya...mungkin terlalu menjiwai..jadi ga enak aja muka nya tetap terlihat. Kemarin2 mama pernah bilang, kalau pake cadar jangan pas di gang, orang2 di sini belum siap (persepsi. pada faktanya selama beberapa hari ke belakang orang2 gang cuek bebek, heu. Bahkan yang suka nyebrangin orang jadi baik2 biasa cuek2), mama bilang pakenya di angkot aja, lahh apa orang2 ga akan kaget??
.
Karena melalui jalan yg berbeda dari biasanya, jadi susah pake cadar di jalan. Akhirnya sampai naik angkot belum pakai. Lagi2 Allah Maha Baik <3 dari semenjak mau nyebrang jalan, angkot yg kosong udah ngetem dan menanti. Sambil nyebrang berharap si mamang ga segera pergi. Lalu pas di angkot berubah jadi power ranger, dan supir angkot heran sambil liat dari kaca depan, ko penumpangnya berubah ya???
.
Turun dari angkot, mama bilang "kalau jalan sama yg bercadar tuh jiga euweuh irungan (kaya jalan sama orang yg ga punya hidung)". Jiaaaaaah pada faktanya hidung saya memang ga mancung, apalagi hidung mama: nyaris ga ada. Jawab saya "lah emang ga ada irungan ( idungnya pesek), mama sendiri ga pake cadar euweuh irungan", dingdong. Mama nyengir. Dan di angkot selanjutnya mama sudah biasa2 aja walau pas pergi kita sempet guntreng. Udah tau sih anaknya macam gimana, yang beliau khawatirkan hanya persepsi orang. Anaknya cantik (weeek, anggap aja begitu haha), ga ikut ajaran sesat, mandiri - bisa biayain kuliah sendiri, dan selalu mudah dapet kerjaan. Apapun kegilaan saya, example: pake baju seragam sekolah putih abu bahkan baju olahraga jadi bentuk gamis, ga menuai masalah. Bahkan dari asalnya masuk sekolah swasta biasa2 aja bisa lolos kuliah ke PTN. I cover my body, my hair, my head but not my brain, gitu meureun ya englishnya. Sekarang I cover my face, but not my brain, not my...pergaulan apa ya bhs inggrisnya?
.
Insya Allah satu tahun ke depan tengah ngeceng beasiswa LPDP S2, semoga bisa membuktikan lagi apapun pilihan saya (menutup wajah) tak akan menghalangi segala masa depan saya.
.
Dulu waktu pertama kali mau pake kerudung (SMA) dan langsung ekstrim nyambungin baju seragam jadi bentuk gamis, mama bilang : "pakai kerudungnya nanti aja kalau udah kerja, kalau sekarang nanti susah dapet kerja". Lupa dulu jawab apa, ketika mama mengkhawatirkan anaknya, saya hanya menjawab "gapapa lah saya pake kerudung, daripada pake rok seksi kaya temen2 di sekolah.." || mama pun terdiam dan akhirnya bangga juga haru, ketika takdir akhirnya menjawab bahwa menggunakan kerudung itu tidak akan menghalangi kemudahan memperoleh kerja, justru bingung mau pilih kerja dimana hehe.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar