Sabtu, 05 Desember 2020

Review Buku Anak Juga Manusia


Review Buku "Anak Juga Manusia" 

Penulis : Angga Setyawan
Penerbit : Noura Books (PT Mizan Publika)
Halaman : 182 halaman
Tahun Terbit : 2013

Sadar diri kapasitas ilmu sebagai ibu sebagai orang tua masih sangaaat minim 😭

Ketika label "seorang ibu harus bisa segala" kadang menciutkan diri karena nyatanya masih banyak yang belum saya tahu. Masih banyak yang belum saya bisa dalam menjalankan peran "IBU" 😭

Akhirnya saya tahu, bahwa diri ini memang masih perlu banyak di tempa, perlu banyak belajar, walaupun masih jauh dari kata sempurna. Karena sesungguhnya tidak ada ibu yang sempurna, yang ada adalah ibu yang mau terus belajar. 

Jika ada istilah seorang ibu juga manusia, tapi kita sering khilaf bahwa "anak juga manusia" titipan Tuhan yang perlu kita jaga dan didik dengan baik. Bukan robot atau miniatur orang tua yang tidak boleh salah. 

Membaca buku "Anak Juga Manusia" ini membuat saya merasa ditampar bulak-balik😭

Karena saya semakin disadarkan begitu NOL nya diri saya dalam mengasuh anak saya. 

Ada sebuah kalimat pertanyaan yang sangat menusuk relung jiwa saya : 
*"Sadarkah kita bahwa perlakuan kita kepada anak - anak adalah seperti mengajari mereka bagaimana kelak mereka memperlakukan kita saat kita sudah tua renta?"*

Karena saya pribadi seorang anak broken home yang merasa kurang kasih sayang dan cinta dari kedua orang tua membuat saya masih kebingungan bagaimana cara anak menerima cinta, supaya kelak ia pun bisa mencintai tulus kedua orangtuanya. 

Lalu buku ini memberi tahu saya cara anak menerima cinta diantaranya: 
1. Waktu kebersamaan yang berkualitas
2. Pujian dan dukungan dengan kata-kata positif
3. Sentuhan fisik berupa pelukan, belaian, ciuman, atau juga elusan
4. Pelayanan. Pelayanan yang dimaksud adalah membantu mereka dengan posisi kita sebagai anggota tim misalnya sebagai teman diskusi anak untuk mencari solusi ketika mereka ada masalah.
5. Pemberian hadiah yang tulus. 

*Membuat anak-anak tumbuh dalam perasaan  dicintai sangatlah penting. Hal itu seperti memberi bahan bakar bagi mereka untuk mengarungi kehidupan* 

Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang menjaga, merawat dan mendidik anak-anak kita dengan cinta ❤

Review Buku Komunitas Carengru Batch 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar