Sabtu, 26 April 2014

‪#‎ceritaPPLku :D

kemarin sehabis wudhu di toilet. Saya ngaca (bercermin) di depan kaca (ya iyalah..) utk membenahi kerudung. Alkisah disana ada pula 2 anak SMP yg tengah bercengkrama dgn seorang guru SMA. *karena skolah tempat saya ppl gabung antara SMP, SMA & SMK maka smua fasilitas dipakai bersama-sama.


Saya perhatikan anak2 itu sambil ngaca dan mereka pun tengah berkaca. Satu diantaranya tengah lepas kerudung dan terlihatlah potongan rambutnya yg gahol bgt. Rambutnya di kucir (di ikat) panjang dan dibagian kanan disisakan sedikit dgn dipotong pendek, pokonya ga tau itu gaya apa yg jelas kaya preman2 yg suka ditindik yg ada dijalanan.


Ketika guru SMA yg tengah mengobrol dgn mereka masuk toilet, tinggalah kami bertiga. Dulu mungkin saya "males" nyapa2 anak (lbh tepatnya temen) yg "nakal" macam ini. Kita kan beda dunia, asa ga akan nyambung dan segan gimanaa gitu.


Tapi skrg beda, sebagai guru harus punya inisiatif utk nyapa duluan, ramah, dan SKSD supaya nanti terjalin kedekatan emosional yg lbh baik. Dan ternyata memang efektif, ada 1 anak SMA yg pertama lihat di kelas tuh pandangan matanya juuutex abis, ketika di sapa saat bertemu di toilet, dia merespon dgn baik dan balik bertanya dgn pertanyaan cukup banyak. Ketika minggu dpn ketemu lagi dikelas saat saya tengah mengajar. Raut wajarnya hampir 100% berbeda dgn mggu lalu. Dia yg sepertinya termasuk anak yg sering ngobrol di kelas dan jutek sama guru, bisa dikendalikan akhirnya ketika saya mengajar. Memang kebiasaan ngobrolnya ga hilang, tapi alhamdulillah kalau ditegur nurut, disuruh nulis nurut, disuruh menghafal pun nurut. Yang awalnya seperti jutek ehh skrg jadi malah terlihat ucul alias lucu dgn kepolosannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar