Jumat, 31 Januari 2014

BELAJAR MASAK


saat membuka kembali buku agenda 2008, ada hal konyol yang membuat saya ingin tertawa terbahak-bahak. buku ini sebenarnya dominan berisi agenda keseharian, deadline dan kegiatan organisasi juga beberapa catatan saat ikut kajian-kajian keislaman. terseliplah beberapa curhatan, yg konyol dan parah, disana saya curhat saat belajar masak sayur asam pake jagung GUNDUL :D? begini isi curhatannya:

"Hmm.. sekitar seminggu yang lalu aku baru belajar masak sayur asem. Gubrak (makin banyak az daftar kesalahannya: )

1. Lupa beli asem & lengkuas

2. bwg putih, bwg merah, pake cengek pulamalah di ulek atas saran teteh kost-an yg berasal dr bengkulu

3. Hampir az masukin bahannya berbarengan ke dalam air di panci. Harusnya yg keras-keras dulu (disuruh empuk dulu) biar yg lainnya kaya: kacang panjang ga keburu layu

4. Karena susah motong jagung yg cuma ada sedikit dan malah biji jagungnya lepas, ya udah lepas aza semua dan batangnya mau dibuang tapi katanya jangan coz dari situlah ada kelezatan rasa yg berbeda. ya udah dimasukin az dech batang yg udah gundul itu, hehe..

5. lebih parah pas udah mateng baru nyadar belum dikasih garam

Jadinya, hasilnya tidak terlalu terlihat menarik. wajar: airnya agak keruh karena bumbunya di ulek (disangka sayur lodeh lagi!! penghinaan). Jadilah sayur asem mirip sayur lodeh dengan resep perpaduan sunda, bengkulu, bogor..

Subhanallaah, kata teh ana juga masak pun perlu ilmu bukan sekedar bakat".

~0~0~0~0~0~

hihi konyol ya.. kenapa batang yg sudah gundul tetap saya masukan demi mendapat "kelezatan rasa yg berbeda" :D? sama sekali ga ingat kejadian ini dan itulah mungkin fungsinya buku curhatan, untuk mengingatkan kita akan hal-hal konyol di masa lalu, kesedihan, kesenangan, kelalaian, kemaksiatan yg telah terjadi dan segala macamnya yg bisa jadi pelajaran untuk hari ini ketika kita membacanya kembali :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar