Kamis, 25 Maret 2021

Review Buku Deteksi dan penanganan anak cerdas istimewa




📖 Review Buku 📖

📗 Judul : Deteksi dan penanganan anak cerdas istimewa
🖊️ Penulis : Julia Maria Van Riel & Endang Widyorini
🎀 Penerbit : prenadamedia group
📆 Tahun : Desember 2015
📚 Tebal : 177 halaman
👩🏻‍💻 Reviewer : Indah jati p

📝📝📝📝📝📝📝📝

Setiap orang tua selalu ingin dan berharap anaknya bisa baik, pintar, cerdas dan sehat. Begitu pula saya, saya yang pas-pasan dalam kognitif selalu menginginkan anak yg akan lebih baik lagi dibanding saya, poinnya bukan untuk dibangga-banggakan namun dalam pikiran saya jika anak saya pandai insya Allah dia bisa berpikir mana yang baik dan tidak. Klise memang alasannya.

Pernah suatu saat anak saya yang besar diminta sama sekolahnya (TK) untuk diterapikan dengan alasan anaknya tidak bisa duduk tenang saat belajar, anaknya mainan terus, diajari sambil mainan lego atau balok, saya tanya poin apa yg bisa dinyatakan bahwa anak bisa mengikuti pelajaran, gurunya pun menjabarkan dan saya coba ajari dirumah dgn ttp membiarkan caranya, ternyata poin2 yg di list sang guru terceklis oleh saya, hal ini menjadikan saya bisa sharing kondisi seperti apa yg diinginkan anak saya.

Dan didalam buku ini pembaca diajak memahami apa dan bagaimana anak-anak itu. Bukan berarti anak harus menjadi apa yang dipikirkan kita secara normatif. Anak mempunyai banyak hal-hal istimewa.

Dalam buku ini kita dibukakan wacana ttg bagaimana memahami perkembangan anak, bagaimana melihat gaya belajar anak, apa saja masalah yg akan dihadapi anak-anak, sampai pada bagaimana memotivasi.

Tak mudah memang bergelut dengan dunia anak apa lagi pada anak-anak yang tergolong istimewa, untuk hal itu kita perlu paham kondisi dan kembali pada fitrah anak. Karena setiap anak sudah lahir dengan keistimewaannya masing-masing. Kita sbg orang tua hanya mengiringi dan memberkatinya dengan alur yang tepat untuk mereka dari mereka.


Review Buku Komunitas Carengru Batch 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar