Selasa, 01 Desember 2020

Review Buku Muslimah Timur Jauh

πŸ“• Judul: Muslimah Timur Jauh
✒️ Penulis: Fika Komara
πŸ–¨️ Penerbit: Sinergi Mandiri
πŸ“† Tahun: 2016
πŸ““ Tebal: 207 halaman
πŸ§•πŸ»Reviewer: Uray Herlindawati

πŸƒπŸŒ»πŸƒπŸŒ»πŸƒπŸŒ»πŸƒπŸŒ»πŸƒ

Timur Jauh adalah istilah yang digunakan utk menunjuk wilayah Asia Timur, Rusia Timur Jauh, dan Asia Tenggara. Asia Selatan terkadang dikaitkan dlm istilah ini utk persoalan ekonomi dan budaya.

Didalam kitab mafahim siyasi juga menyebut kawasan Asia Tenggara dan Timur sebg kawasan Timur Jauh. Kitab ini menganalisis bahwa Indonesia dan Malaysia adalah kekuatan yang menentukan di kawasan Timur Jauh yg tidk kalah dr kekuatan besar yang berpengaruh di kawasan ini. Itu dapat terwujud jika Indonesia dan Malaysia mengambil Islam sbg ideologi dan sistem kehidupan. 

Oleh karena itu, penting bagi umat Islam di Indonesia dan Malaysia utk mengambil peran besar dalam pergerakan opini kawasan. Selain itu, suara opini dan kekuatan pena kaum Muslimin harus terdengar dlm merespon peristiwa yang menimpa umat, sehingga menjadi pergerakan opini dakwah Islam melintasi cakrawala dunia Islam bahkan dari kawasan terjauh hingga timur. 

Kaum muslimah jelas bisa berperan besar dlm menggerakkan opini, apalagi ada semacam pendapat yg mengatakan isu perempuan yg disuarakan oleh kalangan Muslimah memiliki kekuatan opini 10 kali dibandingkan dengan lelaki. Mungkin karena suara perempuan lebih memiliki nilai strategis jika kaum muslimah bisa memainkan peranan dlm pergerakan opini.

Buku ini concern dgn isu-isu dunia Islam di Timur Jauh yg akan membantu kita khususnya kalangan Muslimah agar tdk hanya mengetahui peristiwa apa saja yg menimpa umat, namun bagaimana menyikapinya sesuai dg kacamata Islam.


Review Buku Komunitas Carengru Batch 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar