Sabtu, 31 Oktober 2020

Penggerak Opini Islam Era Digital



Judul Buku : Penggerak Opini Islam Era Digital
ISBN : 978-623-7083-00-9
Penulis :  Fika Komara
Penerbit : Imune Press
Tahun Terbit : Januari 2019
Tebal :  156 Hal
Reviewer : Seviawati Polinggapo

Di tengah derasnya arus informasi yang dengan mudah kita dapatkan di internet hari ini, tidak jarang kita jumpai informasi yang unfaedah, rusak, hoax, sesat bahkan memecah belah. Dan yang paling mengerikan lagi adalah informasi yang berseliweran tersebut tak sedikit yang memicu islamphobia bagi generasi muslim😰.

Bagi saya kehadiran buku ini merupakan sebuah pencerahan di tengah "arus gelap" informasi di era ini. Ia menyuntikkan optimisme dan panduan bagi para jurnalis ataupun aktivis Islam yang ingin berkontribusi memanfaatkan potensi kebaikan pada teknologi digital. 

Bukan sekadar menulis. No asal-asalan menulis. Bukan basa-basi. Bagi saya pribadi kesan tersebut melekat pada keseluruhan isi buku. Sangat jelas buku ini memiliki target utamanya ingin mewujudkan profil "Opinion Maker for Islam" di kalangan aktivis muslim. Hal ini sebagaimana diakui oleh penulis bahwa materi-materi yang dibukukan ini pernah disosialisasikan dalam rangkaian workshop #muslimahtimurjauh sepanjang 2017-2018 di berbagai kota di tanah air. 

"Menulis itu dipimpin oleh kekuatan sudut pandang, bukan dipimpin oleh data. Sudut pandang disupport oleh data, bukan sebaliknya. Jangan malu menjadi subjektif", itulah salah satu dari pesan penulis yang paling menghentakkan bagi saya. Masya Allah buku ini keren. Meski kelihatannya tipis dan mungil, tapi isinya daging semua euy. Buku ini merepresentasikan bobot si penulisnya.

Akhir kata saya ingin mengutip pesan Bu Tedjo, "dadi wong iku seng solutip". Nah, buat kamu yang serius ingin berkontribusi mencerahkan dunia lewat aksara, buku ini ntuh solutifnya jeng. Skuy, bacalah ya bukunya. 

Happy reading...
📖📖📖

Review Buku Komunitas Carengru Batch 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar