Selasa, 11 Agustus 2020

Review Buku The Fall of The Khilafah


πŸ“• Judul: The Fall of The Khilafah
✒️ Penulis: Eugene Rogan
πŸ–¨️ Penerbit: PT Serambi Ilmu Semesta
πŸ“† Tahun: 2016
πŸ““ Tebal: 492 halaman
πŸ§•πŸ»Reviewer: Ainul Ma'rifah

πŸ“–πŸ“–πŸ“–πŸ“–πŸ“–

Tak pernah terbersit dalam benak akan bisa membaca buku ini hingga selesai. Buku dokumenter yang penuh dengan analisis politik dan njilmet dan butuh fokus ekstra untuk memahaminya. Tapi, saya harus tetap semangat membacanya. Kenapa? Karena saya muslim dan saya harus tau tentang buku yang membahas tentang agama saya. 

Ya, The Fall of The Khilafah adalah buku dokumenter karya Eugene Rogan yang informatif, subyektif, dan berimbang tentang bagaimana kejatuhan Khilafah Utsmaniyah, yaitu pemerintahan terakhir umat Muslim.

Serangkaian peperangan dahsyat di Perang Dunia 1 yang mau tidak mau harus diikuti oleh Khilafah Utsmaniyah. Dan keterlibatan inilah yang mwnyebabkan dia harus bergabung dengan blok sentral dengan Jerman dan Austris, berhadapan dengan blok sekutu yaitu Inggris, Prancis, Italia dan Rusia.

Eugene memulai kisahnya dengan latar belakang masuknya Khilafah Utsmaniyah masuk dalam kancah Perang Besar atau Perang Dunia 1. Kemudian dilanjutkan dengan banyaknya perang yang harus dilalui Kekhilafahan. Dari serangan di Dardanella, perang paling mencekam di Gallipoli, Mesopotamia hingga perang saudara sesama muslim dengan Arab karena hasutan adu domba Inggris agar Arab membelot kepada Khilafah. Semua itu dilalui Khilafah Utsmaniyah dengan luar biasa.

Dan akhirnya kejatuhan Khilafah dimulai sejak revolusi Arab dimulai, dan perjanjian-perjanjian rahasia paling fenomenal itu terbentuk.

Di akhir, Eugene Rogan memberi kesimpulannya dengan kalimat, "Kejatuhan Khilafah Utsmaniyah akhirnya lebih disebabkan persyaratan perdamaian (baca: perjanjian), bukan akibat dari besarnya kekalahan mereka."

Perjanjian paling fenomenal itu adalah perjanjian pembagian wilayah kekhilafahan yang secara rahasia dibuat oleh Inggris dan Prancis, yakni korespondensi Husain-McMahon, Perjanjian Sykes-Picot, dan Deklarasi Balfour. 

Ketiga perjanjian itulah yang menyebabkan Palestina hingga kini jatuh ke tangan Zionis Israel dan saudara muslim kita menderita disana. Astaghfirullah

Bagi Anda yang mengaku bercita-cita menegakkan kembali kejayaan Islam, buku ini sangat rekomended untuk dibaca sebagai referensi dan refleksi bagaimana kekhilafahan kita dihancurkan sehingga ada semangat baru untuk menegakkannya kembali. Wallahua'lam..

πŸ“–πŸ“–πŸ“–πŸ“–πŸ“–πŸ“–


Review Buku Komunitas Carengru Batch 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar