Selasa, 29 April 2014

cerita PPLku

celetukan teman PPL saat sedang piket perpustakaan, "ehh knp ya kalau orgtua tuh suka nanyain ttg pendidikan, sekalipun cowonya udah kerja pasti ditanya juga pendidikannya, kaya mama aku tuh 'skrg kerja apa? Ohh memang asalnya lulusan apa?' ". Ceritanya dia sedang ngobrolin sekelumit kisah para cowo yg pernah ngapelin ke rumahnya.

Saya sih mikir simple aja, "karena pendidikan itu menunjang pekerjaan". Tapi bener jg, knp kalau dah jelas2 punya pekerjaan pake ditanya lg ttg pendidikan, hmm.

unsure emotiko?
Sedikit cerita, pernah suatu ketika saya dikenalkan dgn seorg mahasiswa yg tlh lulus sarjana dan tengah menempuh PLPG, udah jelas2 bakal jd PNS poko nya mah. Beliau org makasar. Pas cerita ke mamah, "atuh jangan nyari yang jauh2, kalau dibawa jauh gimana?". Padahal kan udah pasti bakal jadi PNS, bukannya itu yg mama mau? Pikir saya.. 

unsure emotiko?
Pernah ada lagi, seseorang yg sudah menjadi sarjana pendidikan, tapi ga memilih jalur PNS dan justru memilih berjualan di pasar. Meski begitu, bisa dikatakan sudah cukup mapan, sudah bisa beli motor sendiri. Ketika diceritakan ke mama, mama bilang, "pokonya kalau nikah tuh sama PNS, jgn sampai bla bla bla" :|? *diceramahin dr dalam kamar dan nene justru yg menjawab, "bla bla bla, kalau jodohnya bukan PNS gimana?" | bener tuh.. (dalam hati), lagian siapa jg yg mau sama PNS, asa ga minat..

unsure emoti
Dan suatu ketika, datanglah seseorg yg hendak serius (ehh serius ga ya, emm..???). Seorang mahasiswa yg tengah kuliah di al-azhar Mesir dgn masa lalu, kondisi kesehatan, dan sekelumit kisah yg ada padanya. Saya cerita ke mama, tapi ga langsung to the point, pertama-tama ngasih kode dulu, "mah..kata mamah mending sama yg kuliah di mesir atau bla bla bla?" | "ya terserah kamu, kamu yg mau ngejalanin. YANG PENTING LULUS DULU" (tanya jawab via sms tp ga pakai huruf kapital). Besok2nya ngasih kode lg, msh via sms: "mah kalau aku ke mesir habis lulus boleh ga?" | "sok aja YANG PENTING LULUS DULU" | what??? Bukannya waktu itu ke makasar aja ga boleh ‪#‎kejanggalan1‬ tapi yees, cihuy.. di acc.‪ #‎kejanggalan2‬ padahal kan belum tentu jadi PNS dan asa ga mungkin. ‪#‎kejanggalan3‬ ketika mama diberitahu ttg penyakit yg tengah di derita olehnya dan proses penyembuhan kurang lbh selama 2 thn, tapi mama woles aja ‪#‎kejanggalan4‬ ketika diberitahu bahwa beliau pernah menikah & bercerai di usia muda dan usia pernikahan yg singkat, mama jg ttp ga ada masalah ‪#‎kejanggalan5‬ ketika cerita ttg keluarganya yg bukan golongan menengah ke atas (kali aja mama mikirnya dia org kaya), alhamdulillah mama ttp woles *ternyata mama ga matre

squint emotik ‪#‎kejanggalan1‬ tapi yees, cihuy.. di acc.‪#‎kejanggalan2‬ padahal kan belum tentu jadi PNS dan asa ga mungkin squint emotiko ‪#‎kejanggalan3‬ ketika mama diberitahu ttg penyakit yg tengah di derita olehnya dan proses penyembuhan kurang lbh selama 2 thn, tapi mama woles aja ‪#‎kejanggalan4‬ ketika diberitahu bahwa beliau pernah menikah & bercerai di usia muda dan usia pernikahan yg singkat, mama jg ttp ga ada masalah ‪#‎kejanggalan5‬ ketika cerita ttg keluarganya yg bukan golongan menengah ke atas (kali aja mama mikirnya dia org kaya), alhamdulillah mama ttp woles *ternyata mama ga matre
mungkin dgn denger kuliah di mesir dan jg hafizh Quran dah bisa bikin mama kesemsem, walau mama mgkn ga paham benar keutamaan seorg yg hafal Quran tp seolah semua bs meluluhkan hati mama. Dan mengubur dalam-dalam kata harus PNS! senangnya..

grin emotisenangnya.
Saat cerita ini ditulis, hubungan sudah tidak berlanjut. Setidaknya kata PNS itu sudah tidak menjadi momok menyeramkan bagi saya yang penting mah sholeh dan kitanya emang sreg, pasti orgtua jg ngizinin.

grin emotikon yang penting mah sholeh dan kitanya emang sreg, pasti orgtua jg ngizinin.
Jadi pendidikan mungkin memang penting dan jadi salah satu penilaian calon mertua. Terlebih pendidikan agamanya, meski ga punya gelar bejibun apalagi belum mapan2 amat tapi kalau "pendidikan" agamanya mantab. Orgtua jg mungkin akan tenang dan senang hati melepas anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar