Minggu, 09 Agustus 2020

Review Buku Hafalan Shalat Delisa

 ๐Ÿ“š Judul  : Hafalan Shalat Delisa

๐Ÿ“ Penulis  : Tere Liye

๐Ÿ–จ️ Penerbit  : Republika (PT Pustaka Abdi Bangsa)

๐Ÿ“† Tahun   : 2008

๐Ÿ“– Tebal   : 266 Halaman

๐Ÿง• Reviewer  : Yusmiati


๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ

Sebenarnya sudah pernah nonton filmnya. Dan saya sangat tersentuh, sangat kagum, terinspirasi dengan sosok "Delisa" sampai-sampai terbersit jika punya anak cewek lagi akan dikasih nama "Delisa". Kebetulan juga anak saya yang pertama namanya Zahra, sama dengan salah satu kakak Delisa di cerita, Kak Zahra.


Membaca buku ini sangat mengharukan sekali dan benar benar meneteskan air mata. Banyak pesan moral yang dapat dipetik dalam setiap cerita tentang keikhlasan atas semua cobaan dari Allah SWT, agar selalu bersyukur dan tidak putus asa dalam keadaan apapun.


Yang saya suka di novel ini juga terdapat footnote yang mengaduk2 perasaan dan seolah olah cerita ini nyata, dan jadi bertanya2 apakah shalat kita sudah sekhusyu' Delisa, apakah kita sudah seikhlas, setabah dia. 


Novel ini juga universal, bisa untuk semua kalangan bahkan anak2. Anak saya sering minta didongengin pas liat mamanya baca buku ini apalagi Delisha karena namanya samaan.


๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ

Delisa, gadis kecil berusia 6 tahun yang berjuang keras menghafal bacaan shalat karena ingin mendapatkan hadiah sebuah kalung dari ummi-nya dan sepeda dari abi-nya. Kakak2nya pun sudah menyiapkan kejutan untuk Delisa.


Namun sayang, pada hari Delisa di uji hafalan shalatnya gempa dan tsunami meluluh lantakkan Lhok Nga Aceh. Saking khusyu'nya Delisa tidak menyadarinya. Setelah tersadar, dia harus menerima kenyataan sudah kehilangan ummi, ketiga kakaknya dan satu kakinya.


Tapi dia tetap tabah menjalani kehidupan ditemani abinya bahkan dengan kepolosan dan kesederhanaannya mampu memberikan semangat dan kebahagian bagi orang lain disekitarnya.


Ada hal yang mengganjal di hatinya saat dia tidak bisa melanjutkan hafalan shalatnya. Rasanya sulit baginya mengingat. Tetapi akhirnya dia tau penyebabnya. Saat dia shalat pertama kalinya dengan bacaan shalat yang sempurna dia hafal, saat itu juga dia menemukan jasad ummi-nya.


๐ŸŒผ๐ŸŒผ๐ŸŒผ


Review Buku Komunitas Carengru Batch 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar